Kamis, 20 April 2017

Pelatihan Kerja di UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon

BLK Cirebon
UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon - Pie kabare sedulur kabeh kembali lagi sama saya Yusup Aripin Rachman disini saya akan berbagi informasi mengenai pengalaman saya saat mengikuti pelatihan kerja di BLK Plumbon Kota Cirebon, dimana kota ini seringkali disebut dengan julukan Kota Wali atau Kota Udang.
Pada Tahun 2015 tepatnya di bulan agustus saya mengikuti pelatihan kerja di BLK Plumbon Kota Cirebon, tanpa biaya sepersenpun alias gratis, awalnya saya mendapatkan informasi mengenai pelatihan kerja ini berasal dari salah satu group facebook lowongan kerja kota cirebon dan saya merasa ragu untuk mengikuti pelatihan kerja ini, karena saya berasal dari garut dan bukan berasal dari daerah cirebon otomatis KTP saya domisili garut, sehingga dibenak saya berpikir bahwa pelatihan ini dikhususkan untuk orang Cirebon saja, oleh karena itu hal ini membuat saya penasaran dan memutuskan untuk berangkat menuju lokasi BLK Cirebon dengan alasan saya sedang menganggur alias belum bekerja, kebetulan posisi saya saat itu sedang di rumah nenek tepatnya di kecamatan talaga kota majalengka, dengan modal ongkos 20 ribu untuk naik kendaraan umum dan menghabiskan waktu kurang lebih dua jam sayapun tiba di lokasi BLK Cirebon, lalu melakukan pendaftaran dan mempertanyakan permasalahan keraguan saya soal KTP saya yang berasal dari garut, namun hal itu tidak dipermasalahkan oleh pihak BLK, tetapi karena saya berasal dari luar kota Cirebon saya hanya bisa memilih kejuruan khusus dari anggaran dana APBN dan sayapun memilih kejuruan Office Tools lalu melakukan tahapan selanjutnya yaitu pendaftaran seleksi pelatihan kerja di UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon di bagian Kejuruan Office Tools di bidang komputer.
Keberuntungan Mengikuti Pelatihan Kerja di BLK Cirebon
Saya adalah peserta didik yang mengikuti pelatihan kerja di UPT BLK Plumbon Kota Cirebon yang beruntung mengapa demikian, karena saya bisa mengikuti pelatihan kerja walaupun berasal dari luar kota Cirebon, ada kemungkinan di tahun-tahun berikutnya yang KTP bukan domisili Cirebon tidak bisa diikut sertakan namun itu hanya kemungkinan saya saja mudah-mudahan hal itu tidak terjadi, dan keberuntungan selanjutnya yaitu pada saat mengikuti tes seleksi saya dan semua peserta yang mendaftar di kejuruan Office Tools ini dipastikan lolos seleksi karena jumlah pendaftarannya yang sedikit dan kurangnya peserta seleksi di kejuruan ini dan setelah pengumuman lulus seleksipun ada peserta tes dari Kejuruan lain yang di luluskan dan diikut sertakan mengikuti pelatihan di Kejuruan yang saya ikuti ini sebab kurangnya peserta di kejuruan ini, walaupun begitu Saya tetap merasa senang mengikuti pelatihan kerja di UPT BLK Plumbon Kota Cirebon ini karena selain mendapatkan suatu wawasan ilmu pengetahuan sayapun mendapatkan banyak teman kenalan yang berbeda bahasa dan tempat tapi tetap satu tujuan yaitu mengikuti pelatihan di blk cirebon dengan sunguh-sungguh dan semangat yang tinggi untuk meraih dan mendapatkan pengetahuan apa saja yang kita persiapkan menghadapi dunia kerja nyata. 
Adapun informasi mengenai UPT BLK Plumbon Kota Cirebon antara lain:
Alamat Lengkap UPT BLK Plumbon Kota Cirebon
Alamat : Jl. P. Antasari Km.2, Plumbon, Cirebon Po.Box 03, Jabar
No. Telepon : 0231-321162
No. Fax. : 0231-32116

Contoh soal tes UPT BLK Plumbon Kota Cirebon
  • Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dasar
  • Penghitungan waktu
  • Tes ketelitian seperti mencocokkan simbol gambar
Syarat Administrasi Pendaftaran di UPT BLK Plumbon Kota Cirebon
  • Foto Copy KTP
  • Foto copy Ijazah terakhir
  • Foto 2×3, 3×4, dan 4×6
Fasilitas Yang Didapatkan
  • Uang Transportasi yang akan diberikan di akhir bulan
  • Makan 1x pada jam istirahat
  • Buku dan alat tulis
  • Mess atau tempat tinggal bagi yang domisilinya jauh dari lokasi blk cirebon
  • Sertifikat 
Sertifikat Kenangan di UPT BLK Plumbon Kota Cirebon Periode 27 juli s/d 31 Agustus 2015 
Adapun kenangan saat itu antara lain :
Album Kenangan Pelatihan Institusional Periode 27 juli s/d 31 Agustus 2015 Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon Dana APBD dan APBN
Dimana isinya yaitu :
Kata Pengantar
Dalam rangka mengantisipasi besarnya jumlah pengangguran di Kabupaten Cirebon UPT pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon berupaya meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dengan menjalin kerja sama dengan semua pihak, baik pihak pengguna tenaga kerja maupun pihak penyedia dana pelatihan kerja. Karena pelatihan keterampilan tenaga kerja memiliki korelasi positif dengan tingkat pendidikan dan mutu SDM.
Permasalahan Pelatihan Keterampilan TEnaga KErja di Indonesia berkait erat dengan belum sesuainya kualitas pendidikan yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Tenaga kerja yang memiliki pendidikan dan keterampilan yang tinggi, amat menentukan dalam persaingan pasar bebas pada era globalisasi.
Program peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan sangatlah diperlukan di era globalisasai ini, baik pelatihan teknis (technical skill) maupun peningkatan kualitas manajemen (managerial skill). Pelatihan tersebut haruslah mngacu kepada standar kompetensi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Penganguran yang telah memiliki keterampilan tertentu, akan lebih mudah mendapatkan lowongan pekerjaan, baik untuk mengisi lowongan pekerjaan (employement service) maupun untuk dapat usaha sendiri (employement creation).
Masalah banyaknya pengangguran di negeri ini bukanlah semata-mata karena tidak ada lowongan/ kesempatan kerja, tetapi karena para pencari kerja sangatlah minim pengetahuan dan keterampilannya untuk mengelola SDA yang ada di sekitarnya. Pengembangan keterampilan bagi pencari kerja memiliki korelasi positif dengan tingkat pendidikan dan mutu SDM, permasalahan Pelatihan Keterampilan TEnaga Keraja di Indonesia berkait erat dengan belum sesuainya kualitan pendidikan yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Tenaga kerja yang memiliki Pendidikan dan keterampilan yang tinggi amat menentukan dalam persaingan pasar bebas pada era globalisasi.
Dalam era persaingan global, inventasi SDM (human capital) melalui peningkatan pendidikan dan Latihan Keterampilan Kerja berperan penting dalam meningkatkan daya saing di kancah perekonomian dunia.
Dalam era globalisasi ini terjadi perubahan-perubahan dalam dunia erja sesuai dengan perkembangan perekonomian yaitu, terjadinya pergeseran struktur kesempatan kerja untuk jenis pekerjaan yang lebih berorientasi pada pengetahuan (knowledge) serta tenaga kerja yang memiliki keteramp[ilan.
Diperlukan suatu keterpaduan dalam penanganan masalah Pendidikan dan latihan keterampilan tenaga kerja atau dengan kata lain perlu ditemukan cara yang tepat agar upaya pengembangan SDM yang sistematis dan terstruktur dapat terwujud.
Untuk meningkatkan pendidikan dan latihan keterampilan, para pencari kerja harus ditunjang oleh kesiapan semua pihak yaitu:
  1. Pihak pengusaha
  2. Masyarakat atau lembaga Swadaya Masyarakat
  3. Pemerintah melalui Intansi terkait
Untuk tercapainya tujuan tersebut kami UPT  Pelatihan Kerja mengadakan kegiatan pengembangan dan peningkatan keterampilan bagi para pencari kerja di Kabupten Cirebon, untuk memenuhi kebutuhan bagi perusahaan pengguna tenaga kerja lulusan pelatihan di Kabupaten Cirebon dan sekitarnya.
Bagi para lulusan pelatihan  UPT  Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon saya pesankan jangan bosan-bosan untuk mencari kesempatan dalam memperoleh pekerjaan dan jangan mudah putus asa.
Dengan MOTTO
Saya harus bisa
Saya harus mampu
saya harus menang
Bekerja dan bekerjalah untuk masa depan
Cirebon, 27 Agustus 2015
Kepala UPT Pelatihan Kerja
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Kabupaten Cirebon,
Sutiadi, M.Sos.M.si
NIP. 19590606 198102 1001
Visi Misi di UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon
  • Visi 
Terciptanya tenaga kerja trampil yang profesional dan kompeten di Kabupaten Cirebon melalui pelatihan keterampilan kerja untuk mendukung perluasan lapangan kerja guna memenuhi permintaan pasar kerja/ dunia industri/ para pengrajin di Kabupaten Cirebon, Nasional maupun Internasional.
  • Misi
  1. Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi tenaga kerja melalui pengembangan program pelatihan berdasarkan kondisi pasar kerja.
  2. Meningkatkan atau mengmbangkan sitem pelatihan yang meliputi sarana dan prasarana, instruktur kelembagaan dan pendanaan.
  3. Membangun sistem dan metode pembinaan pelatihan dan produktivitas yang efektif dan efisien.
  4. Membangun kualitas SDM melalui pelatihan dan produktivitas yang profesional.
  5. Membangun daya saing tenaga kerja di Kabupten Cirebon yang mampu berkompetissi di era globalisasi melalui pelatihan kerja dan pembangunan produktivitas.
  6. Membangun atau menjalin kerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka penempatan lulusan pelatihan.
Lagu Siswa - Siswi BLK Plumbon Periode 27 juli s/d 31 Agustus 2015 UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon
Siswa - Siswi BLK Plumbon
Waktu mentari mulai bersinar
Kami siap untuk berlari
Setiap hari kami bersama
Dalam satu tujuan untuk bekerja
Reff: Kami disini 
Bukan anak-anak yang malas
Kami disini
Bukan anak-anak manja
Kami disini
Penuh dengan kreatifitas
Kami disini
Penuh dengan semangat kerja
Selama satu bulan kami disini
Menjadi siswa-siswi BLK Plumbon
Setiap hari kami disini
Kami didik untuk bekerja
Reff: Tuk menghadapi
Didalam dunia industri
Tuk menghadapi
Di era globalisasi
Back to Reff:
Ciptaan : Adi and The Last Fcaw
(Angkatan 27 Juli-31 Agustus 2015)

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi pelatihan kerja di UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon silahkan hubungi beberapa kontak nomor HP Keluarga besar UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon silahkan klik laman selanjutnya dibawah ini
  • Identitas Pembina Periode 27 juli s/d 31 Agustus 2015 UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon KLIK DISINI 
  • Kumpulan Foto UPT BLK Plumbon Kabupaten Cirebon (KLIK DISINI)
Lokasi: Jl. P. Antasari Km. 2, Plumbon, Lurah, Plumbon, Cirebon, Jawa Barat 45155, Indonesia

6 komentar:

  1. mas info pendaftaran diblk plumbon kapan ya ??

    BalasHapus
  2. silahkan hubungi pihak blk nya ada no kontak yang bisa dihubungi klik saja di laman selanjutnya

    BalasHapus
  3. Jurusan d situ apaa ajaa kak?

    BalasHapus
  4. Udah daftar 2minggu yg lalu tapi kok belum ada panggilan buat tes ya?

    BalasHapus
  5. Dalam satu hari itu belajar nya berapa jam ya mas. ?

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com